Profil Umum

Profil Umum

Profil Umum

Desa Caruban secara geografis dan administratif merupakan salah satu desa dari 449 Desa di Kabupaten Kebumen Tepatnya terletak di Wilayah Kecamatan Adimulyo Kabupaten Kebumen dengan luas wilayah 2.07 Km2 dan secara topografi terletak di ketinggian 14 Meter di atas permukaan air laut. Jarak dari pusat Kabupaten Kebumen sekitar 15 km berkendara yang bisa ditempuh dengan perjalanan darat selama 15 menit. Sedangkan dari pusat Kecamatan Adimulyo berjarak sekitar 0.5 km dengan medan jalan yang sudah cukup baik . Desa Caruban terdiri dari 4 Dusun/Pedukuhan, 4 RW dan 12 RT. Pusat ekonomi Desa Seboro ada di Dusun Gentan Kidul.

Batas-batas Wilayah 

Utara         : Desa Arjosari

Selatan      : Desa Kemujan·        

Barat         : Desa Bonjok·        

Timur        : Desa Mangunharjo

Desa Caruban terbagi menjadi 4 Dusun/pedukuhan yaitu:

  1. Dusun Gentan Lor Terdiri dari 1 RW dan 3 RT
  2. Dusun Karang Tunjung Terdiri dari 1 RW dan 2 RT
  3. Dusun Karang Jambu Terdiri dari 1 RW dan 4 RT
  4. Dusun Gentan Kidul Terdiri dari 1 RW dan 3 RT

LEGENDA DESA

Pada jaman dahulu Desa Caruban merupakan hutan belukar dan suatu ketka datanglah beberapa orang sakti dan bijaksana yang bernama Mbah Nursadin, Mbah Mingan, Mbah Cempa Sari, Mbah Demang Pernagati dan Mbah Syeh Badar, kemudian orang - orang tersebut membuka hutan bersama sama yang kemudian menjadi beberapa wilayah yang masing masing wilayah di pimpin oleh kelima orang tersebut. Berkat kearifan dan kebijaksanaan dari Mbah Nursadin rekan rekan yang lain mengakui keunggulan dan Kelebihan dari Mbah Nursadin yang kemudian diangkat menjadi pemimpin dari rekan rekan yang lain dan pada saat itu kelima wilayah tersebut dijadikan satu yang keudian di beri nama "CARUBAN". Makna dri Caruban adalah campuran atau gabungan dari beberapa wilayah yang menjadi satu. Atas kebijaksanaan dari Mbah Nursadi rekan rekan yang lain tetap untuk memimpin diwilayah masing masing. Dari kelima pendekar tersebut dikemudia hari menurunkan para Lurah / Bekel di Wilayah tersebut, Wilayah wilayah tersebut yaitu Gentan Lor, Karang Tunjung Binangun, Klantang, Karang Jambu dan Gentan Kidul.

Sampai saat ini yang kami ketahui bahwa keturunan - keturunan dari orang - orang yang memimpin Wilayah Gentan Lor, Karang Tunjung Binangun, Klantang, Karang Jambu dan Gentan Kidul hanya 3 (tiga)Yaitu, Wilayah Gentan Lor dipimpin oleh Bekel Asmadikrama, Karang Tunjung Binangun dipimpin oleh Bekel Dipadiwangsa dan Gentan Kidul dipimpin oleh Bekel Wirosuto yang 2 wilayah yaitu klantang dan Karang Jambu belum kami ketahui. Ada Informasi bahwa ke dua wilayah tersebut kemudian sebagian ada yang bergabung ke wilayah Gentan Lor, Karang Tunjung Binangun dan Gentan Kidul.

Banyak nama tempat yang sering terdengar dari dahulu sampai sekarang seperti, glempang, Klosod, Sawidara, Galur, Petunggono, Sitlawah, Sikebo, Simalang, Pancasan, Kemetiran, Sadang, Silayur, Simbulu dan masih banyak nama lainnya yang sampai saat ini belum bisa saya tulis karena perlu pendekatan mengenai kebenaran dan sejarah dari nama nama tersebut.

NAMA NAMA PEMIMPIN / LURAH YANG PERNAH MEMIMPIN DESA CARUBAN

  1. Dipodiwongso     1918 s/d 1922
  2. Wiryodimulyo      1923 s/d 1936
  3. Soeharjo             1937 s/d 1944
  4. Atmosuwiryo       1945 s/d 1984
  5. Nurul Suhadi       1985 s/d 1993
  6. Djumeno             1994 s/d 2007
  7. Sajimun               2007 s/d 2013
  8. Purwoko              2013 s/d 2019
  9. Wagiyo                2019 s/d Sekarang